Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘kegiatan’ Category

Tidur di Masjid

Sewaktu muda dulu lebih pasnya usia belasan tahun sebelum merasakan bangku kuliah. Paling demen kalau tidur di masjid bareng remaja masjid di kampung. Rame bisa ngumpul bareng kadang juga banyak pembahasan kegiatan biar remaja-remaji masjid tambah kompak dan tambah rukunnya.
Banyak ide – ide kecil yang muncul. Pengajian asrama, jalan – jalan ke pantai, makan lotek bareng, maen badminton tiap malam, sholat malam bersama-sama dalam artian janjian bisa tidur di masjid dan bisa sama – sama menyempatkan sholat dan doa malam. Atau bahkan sekedar berbagi cerita – cerita menarik dan lucu menjelang tidur.
Klo bicara masalah kenangan seumur gitu Alhamdulillah menarik dan tak terlupakan berawal dari namanya masjid. Awalnya sempet takut dan ragu kalau tidur dimasjid. Karena masih dihantui, klo ada jenazah di sholati di masjid. Disini tempat kerandanya..hihihi #merinding. Seiring berjalanannya waktu dicoba memberanikan diri, toh juga banyak temen – temen yang lain. Dan pada akhirnya berani juga. Heheheh.
Apalagi kalau ujian sekolah tiba paling demen tidur dimasjid. Baca materi ujian sebentar, setelah itu sholat malam dan tidur lagi. Alhamdulillah banyak manfaatnya. Pas sewaktu ujian Allah memberikan ketenangan.
Dan setelah duduk di bangku kuliah “di Sulawesi” sudah jarang lagi tidur di masjid. Suasananya beda dan masjidnya juga rada jauh. Tidur di masjid klo iktikafan di bulan ramadhan. Selebihnya banyakan dirumah. Berarti kurang lebih hamper lima tahun tidur dimasjid cuman pas iktikafan di malam lailatul qodar.
Lain halnya di kampung Pekalongan dan di Palu – Sulawesi Tengah. Sekarang disini di Cilegon sudah Sembilan bulan kaki ini berpijak. Baru beberapa hari ini kangen pengen tidur di masjid lagi bareng remaja-remaja. Bisa lebih deket sama temen – temen, bakalan banyak cerita, dan juga bisa lebih leluasa saumpama pengen sholat malam ataupun doa malam. Apalagi lokasi masjidnya deket.
Dan hari ini sudah satu minggu kurang sehari tidur di masjid. Walaupun cukup dingin dan terkadang nyamuk pada nyerang tanpa pilih-pilih. Masih tetep ngangenin bisa ngumpul bareng sama remaja masjid. Mumpung masih singgle, belum berkeluarga. Dan satu hal :
Sholat subuhnya bisa tepat waktu.

Read Full Post »

BESOK KAN CERAH

Tiris eh..seharian tadi hujan, berlanjut mendung menjelang berbuka. Dingin..mo ngapa-ngapain juga males. Padahal sudah dikejar progress pekerjaan di kantor. Tapi karena hujan mo gimana ?. Kalaupun memaksakan para pekerja untuk bekerja. Yah..kasian, khawatir malah terjadi kecelakaan kerja.
Selesai sahur lanjut sholat witir yang semalam sengaja di tunda. Selesai sholat subuh niat mo lanjut ngeblog dikalahkan oleh seksinya bantal sama Kasur yang memaksa saya untuk memeluknya erat-erat karena dinginnya subuh gak tertahankan dengan gemricik gerimis yang mulai deras.
Semalam begadang nyelesaiin pekerjaan dilanjut nonton bola walaupun pada akhirnya saya yang dipantengin televisinya. Dan hari minggu ini akhirnya kesiangan bangunnya (biasanya juga bangun siang ding..hehe.). Niatnya mo pergi ke kantor tapi berhubung masih hujan terpaksa lanjut tidur lagi. (lebih…)

Read Full Post »

TOMBO NGANTUK

Beberapa minggu ke depan aku harus bolak-balik Cilegon – Pandeglang. Sempat bingung dan ngeri-ngeri sedap klo harus melakukan perjalanan kurang lebih 70an kilo meter. Dulu waktu di Palu perjalanan ke Sigi yang kurang lebih berjarak 40an kilo meter aja sudah terkantuk-kantuk dijalan, sampai-sampai hampir masuk selokan jalan. Kadang kayak orang gila aja teriak-teriak dijalan untuk mengusir kantuk.
Klo tante ku bilang aku ini darah rendah. Nah..pas disini aku agak bingung ketika diharuskan stay tiap hari di Pandeglang untuk ikut mengawasi proyek pengembangan cabang perusahaan. Klo mau stay tinggal sampai nginep, kok rada berat hati, harus jauh dari ponakan-ponakan kecil ku. Jadi saya putuskan tiap hari bolak-balik cilegon – pandeglang. Dan aneh saja seminggu bolak-balik Cilegon-Pandeglang gak ngantuk.
Ada beberapa kemungkinan sehingga aku gak ngantuk lagi di jalan.

Pertama karena sekarang semenjak tinggal di Cilegon, nafsu makan ku meningkat dan itu mungkin bisa saja yang telah mendongkrak hingga darah ku stabil. Tapi belum sempet di cek lagi sih.
Kedua karena sepanjang jalan menuju pandeglang itu adem, memang daerah Pandeglang termasuk dataran tinggi. Jadi gak terlalu panas. Perjalanannya jadi nyaman gak panas.
Ketiga banyak yang manis-manis. Disisi kanan jalan banyak pedagang yang menjajakan buah-buahan yang manis-manis dari mulai durian, jeruk, apel, duku, dan masih banyak buah-buah yang lain. Dan satu hal yang mungkin ini paling beralasan gak bikin ngantuk. Ceweknya manis-manis, sedap untuk dilihat. Putih-putih habis itu berkerudung pula. Hehehhe..jadi demen dah bolak – balik Cilegon – Pandeglang. Apalagi klo melintasi alun-alun di sore hari ketika mau pulang ke Cilegon terlebih bertepatan dengan jam pulangnya anak-anak sekolah. Widdiiiih..pokoknya tombo ngantuk. Heheheheh. Harus waspada tinggi, karena konsentrasi bisa terpecah dengan kecantikan wanita-wanitanya. Hati-hati aja nubruk kendaraan di depan. 🙂

Read Full Post »

Uang itu kadang nyenengin kadang juga bikin mupeng kalau lagi defisit. Gampangnya senengnya di awal bulan, merana ditanggal tua. :). Apakah cuman aku atau kalian juga yang mengalami hal demikian. Kenapa seandainya sudah mendekati tanggal gajian, pikiran itu sudah mulai memetakan barang-barang yang akan dibeli, makanan, kosmetik, gadget atau mungkin mengeluarkan uang untuk kebutuhan hiburan. Giliran sudah habis-habisan belanja, keuangan kritis saatnya bingung nyari hutangan kesana – kemari untuk memenuhi sisa kebutuhan sebulannya.

(lebih…)

Read Full Post »

Kesehatan itu penting. Jangan menyepelekan masalah kesehatan. Apalagi waktu muda. Hal sepele, kerja ngoyo sewaktu muda, enaknya sih enak banyak duit tapi pas menginjak usia 40 tahunan baru muncul penyakit jantungan lah, asma’lah, paru-paru, dll. Apalagi klo yang demen manjer kipas angin sewaktu tidur, mandi tengah malam, gak pakai masker sewaktu naik kendaraan atau di proyek juga gak pakai jaket klo jalan malam. Coba geh di evaluasi lagi..Biar jangan ngrepotin anak istri serta orang tua kelak.
Aku nulis ini karena ingat saudara ku yang akhirnya meninggal dunia salah satu sebabnya menyepelekan dan tidak membiasakan memakai masker ketika diproyek. Kerja terus menerus tapi melupakan kesehatannya. Padahal masih ada anak istri yang harus dinafkahi. Beruntunglah anak sulungnya sudah mapan dan sebagian sudah menikah.
Ada juga kerja duduk terus menerus didepan komputer akan tetapi tidak diimbangi dengan banyak minum air putih. Sewaktu mudanya asyik-asyik saja. Setelah menjelang tua kena deh “Ginjalnya”. Nah..oleh sebab itu urusan  “minum air” sangat aku perhatikan. Sewaktu di Palu dulu rata-rata satu setengah botol air yang aku tenggak selama seharian kerja di depan komputer. Dan ketika kerja di Cilegon yang hampir sama gak jauh-jauh nongkrong di depan komputer. Kebiasan itu juga gak aku tinggalkan. Malahan ditambah sampai terkencing – terkencing, tapi gak apa-apalah. Dari pada nanti harus ngrepotin orang tua. 🙂
Satu hal yang aku petik dari beberapa kejadian yang aku amati dari saudara ataupun orang-orang disekitar. Bahwa kerja keras mencari uang itu baik, tapi jangan lupa jaga kesehatan. Anggota badan kita juga punya hak untuk itu. Untuk istirahat dan untuk dijaga.
Semoga kita selalu diberikan kesehatan…amiiin

Read Full Post »

Barusan sembari sarapan pagi, aku menikmati acara music di salah satu televisi swasta. Bareng dengan kakak ku. Nikmatnya tempe yang masih hangat bareng dengan cumi tiba-tiba serasa aneh setelah acara yang harusnya menampilkan music diselingin dengan penampilan anak kecil yang dipaksakan ber-standup comedy.
Dipaksakan untuk tenar, dipaksakan untuk tampil ditelevisi. Tema standup comedy yang ditampilkan adalah keluhan seorang anak pada orang tuanya. Bener-bener dipaksakan, masak sih seorang anak kok ngajarin para penontonnya untuk protes sama orang tuanya. Lah kalau yang nonton orang-orang besar gak terlalu ngefek. La ini anak kecil juga ada. Termasuk keponakan ku yang masih kecil berusia 3 tahun dan yang besar berumur 6 tahun yang sementara di suapi bundanya.
Untung keponakan ku gak terlalu memperhatikan dengan apa yang ditayangkan ditelevisi. Dan untung banget pihak yang menayangkan acara tersebut tersadar dan langsung menghentikan penampilan anak tersebut. Ngelus dada melihat tayangan televise sekarang. Gimana kalau saumpama kedua orang tua gak dirumah. Anak-anak hanya ditemani televisi tidak ada yang mengontrol.
Waduh..semoga anak Indonesia tetep bisa menjadi anak-anak yang baik..amiin

Read Full Post »

EVALUASI 2013

Alhamdulillah masih bisa menjumpai tahun 2014. Sesaat mengingat kembali target-target tahun 2013 yang gak kesampean. Beberapa diantaranya yaitu target ngeblog. Yang harusnya paling enggak satu bulan itu ada 15 postingan. Lha ini rata-rata satu bulan cuman 3-5 postingan. Belum lagi target ngafalin juz 30 huaahahaha. Belum sama sekali. Hanya beberapa saja itupun hanya surat-surat pendek bekas hapalan semasa caberawit dulu. Hemm..apalagi ya..Berikut daftar target yang belum kesampean ditahun 2013 :
1.    Ngapalin juz 30 (50%)
2.    Mengoleksi video-video motivasi ipho santoso (10%)
3.    Bikin artikel bahasa inggris (5%)
4.    Bikin pilm (0%)
5.    Bikin tutorial sholat (0%)
6.    Bangun jam 4.30 pagi (25%)
7.    Merutinkan sholat malam dan do’a malam (45%)
8.    Beli novel 1 / Bulan (30%)
9.    Baca koran 3x/minggu (30%)

Dan masih banyak lagi target-target pengembangan diri yang belum kesampean. Kendala-kendala lebih dominan ya kemalasan :D. Itu saja. Toh begitu..alhamdulillah banyak juga target-target besar yang sudah tercapai. Beberapa diantaranya :
1.    Wisuda
2.    Mengantarkan caberawit juara turnamen futsal
3.    Oubond caberawit
4.    Pulang kampung

Mudah”an saja di tahun 2014 ini bisa semakin baik dan target-target 2013 yang belum kesampean serta mimpi-mimpi ku benar-benar bisa jadi nyata..amiin.

Read Full Post »

Older Posts »